Selasa, 30 April 2019

Pemkab Sukoharjo Gelar Simulasi Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana

SUKOHARJO- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo menggelar simulasi evakuasi bencana mandiri guna meningkatkan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana, bertempat di gedung bangunan masing masing organisasi perangkat daerah (OPD), pada bagian Setda Kabupaten Sukoharjo melaksanakan simulasi bertempat di Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sukoharjo, Selasa (30/4).

Adapun tema peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2019 "Kesiapsiagaan Dimulai Dari Diri Sendiri, Keluarga dan komunitas," dengan slogan "siap untuk selamat."

Turut mengikuti simulasi Asisten Sekda Administrasi Umum Eko Adji Aryanto SH, MM, Kepala Bagian Pemerintahan Ari Haryanto, M.Si, Kepala OPD terkait lainnya serta seluruh para Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup  Setda.

Asisten Administrasi Umum Sekda, Eko Adji Arianto, SH, MM setelah melaksanakan apel pagi mengatakan "bahwa pelaksanaan simulasi evakuasi mandiri bencana mandiri dilaksanakan secara serentak, berdasarkan surat edaran Bupati Sukoharjo Nomor 360/1360/2019 tentang peringatan hari kesiapsiagaan bencana tingkat Kabupaten Sukoharjo Tahun 2019 pada tanggal 26 April 2019,  adapun tujuannya untuk menggugah dan menanamkan kesadaran, meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan seluruh masyarakat dalam menghadapi bencana di Kabupaten Sukoharjo, maka dihimbau untuk mengadakan simulasi evakuasi bencana mandiri. Dengan memahami risiko, maka kita dapat mengetahui hal-hal apa saja yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan kapasitas sehingga risiko tersebut dapat diperkecil.," jelas Asisten Sekda Adji.

Ditambahkannya, Slogan "Siap untuk Selamat" mengedepankan empat hal, yaitu pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan dan peringatan dini.

Pada aksi suimulasi itu, "Suatu pagi, saat karyawan karyawati Sekda Kabupaten Sukoharjo sedang melakukan aktifitas kesehariannya, tiba-tiba terjadi gempa bumi. Seketika para karyawan dan orang orang yang berada di bangunan gedung masing masing melakukan penyelamatan diri. Diharapkan dalam upaya penyelamatan diri diupayakan dengan dengan berlindung dibawah meja disamping meja (segitiga kehidupan) atau ditempat lain yang aman, sambil berlari pelan pelan menuju tangga darurat, jangan menggunakan lift ," ucap Kabag Pemerintahan bertindak sebagai narator dalam membuka aksi simulasi yang diperagakan oleh seluruh PNS bagian Setda Kabupaten Sukoharjo.

Demikian informasi yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sukohrjo Drs. Joko Nurhadiyanto EN, M.Hum.(Tj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar