Selasa, 30 April 2019

Bupati Sukoharjo Buka Pencanangan BBGRM Ke-16 Dan HKG-PKK Ke-47

SUKOHARJO– Bupati Sukoharjo H. Wardoyo Wijaya SH, MH, MM membuka acara Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang ke – 16 dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke – 47 Kabupaten Sukoharjo tahun 2019, di  Gedung Serbaguna Desa Banaran Kecamatan Grogol, Selasa (30/04).

kegiatan BBGRM XVI dan HKG PKK ke-47 tahun ini mengangkat tema "Giatkan Gotong Royong, Maju Bersama Membangun Desa". Acara pencanangan BBGRM tersebut dipadukan dengan kegiatan Hari Gerak Kesatuan (HKG) PKK ke-47 Kabupaten Sukoharjo yang ditandai dengan pemukulan kentongan dengan irama "Doro Muluk" oleh Bupati didampingi Ketua TP. PKK Kabupaten Sukoharjo beserta Forkopimda.

Kegiatan tersebut turut dihadiri unsur Forkopimda, para Asisten Sekda, Ketua TP. PKK se-Kabupaten Sukohrjo, unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Muspika Kecamatan Grogol, dan unsur terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Sukoharjo H. Wardoyo Wijaya SH, MH, MM mengajak seluruh masyarakat di wilayah masing masing secara serentak melaksanakan gotong royong masyarakat yang  di mulai 1 Mei sampai dengan 31 Mei 2019. Terkait HKG PKK ke-47 Bupati memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para ibu dan kaum perempuan, para penggiat PKK di seluruh Kabupaten Sukoharjo  yang tanpa lelah dan dengan penuh semangat telah melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat.

"Terima kasih kepada tim penggerak PKK, baik tingkat kabupaten maupun  tingkat kecamatan dan desa atas capaian-capaian yang selama ini telah dikerjakan. Ke depan saya ingin melihat PKK tumbuh sebagai sebuah gerakan yang berperan lebih  dalam melaksanakan program-program prioritas Pemerintah." pungkasnya.

Disamping itu, Bupati berharap melalui kegiatan BBGRM mampu meningkatkan semangat kebersamaan, kekeluargaan kegotongroyongan dan swadaya masyarakat dalam pembangunan desa serta mampu meningkatkan peran serta dukungan masyarakat, tanggung jawab rasa dan rasa memiliki masyarakat terhadap hasil hasil pembangunan yang akan dilaksanakan. Pembangunan akan semakin bermakna, jika kebersamaan dan gotong royong masyarakat ada di dalamnya," harap Bupati.

"saya berharap kegiatan BBGRM, yang akan dilaksanakan sebulan penuh di bulan Mei 2019 ini, bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1440 H, agar diatur dengan lebih bijaksana," pesan Bupati.

Ketua TP-PKK Kabupaten Sukohartjo Hj. Etik Suryani SE, MM selaku panitia penyelenggara  melaporkan kegiatan BBGRM keXVI dan HKG ke -47 bermaksud memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga serta bertujuan meningkatkan kepedulian serta peran aktif masyarakat berdasarkan kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan.

"Sebagai upaya meningkatkan semangat dan inovasi para kader PKK  di semua tingkatan dalam melaksanakan 10 program pokok PKK, TP.PKK Kabupaten Sukoharjo memprogramkan evaluasi dan lomba 10 program pokok PKK dalam rangka hari Kesatuan Gerak PKK ke-46," ungkap Hj. Etik.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyerahkan sejumlah Hadiah lomba, diantaranya Juara tertib administrasi 10 program Pokok PKK dengan juara I diraih Kelurahan Kenep Kecamatan Sukoharjo, Tertin administrasi kelompok kelompok PKK Juara I diraih Kelurahan Kenep, Paparan Ketua dan Inovasi Juara I diraih Desa Luwang Kecamatan Gatak, Partisipasi masyarakat dan penggalian swadaya juara I diraih Desa Jetis Kecamatan Baki, Permainan simulasi Juara I diraih Kelurahan Kenep, Sosiodrama Juara I diraih Desa Gedongan Kecamatan Baki,Pengelolaan UP2K-PKK Juara I diraih Desa Jatingarang Kecamatan Weru, Pemanfaatan Lahan melalui Gerakan hatinya PKK juara I diraih Desa Pondok Kecamatan Nguter, Posyandu Integrasi juara I dirih Desa Pondok Nguter, Pelaksana terbaik 10 program pokok PKK Desa kelurahan binaan juara I diraih Kelurahan kenep Kecamatan Sukoharjo dan untuk Pelaksana terbaik 10 program pokok PKK tingkat Kecamatan Juara I diraih TP. PKK Kecamatan Polokarto. Dari hasil evaluasi pelaksana 10 program pokok PKK Tahun 2018 Kabupaten Sukoharjo secara keseluruhan keluar sebagai Juara Umum Tim Penggerak PKK Kecamatan Sukoharjo. Para juara mendapatkan penghargaan berupa tropy, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Diakhir acara, Bupati melaksanakan peletakan batu pertama pembuatan taman serta didampingi Ketua TP.PKK beserta jajaran Forkopimda melakukan peninjauan warung pethuk 12 Kecamatan.

Demikian informasi yang disampaikan kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sukoharjo drs. Joko Nurhadiyanto EN, M.Hum.(Tj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar