Kamis, 25 April 2019

Bupati Sukoharjo Jadi Inspektur Upacara Hari Otonomi Daerah 2019

Bupati Sukoharjo, H. Wardoyo Wijaya SH, MH, MM menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) yang ke-XXIII tahun 2019, yang diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab, Kamis (25/4) di halaman Setda.

Tahun ini, peringatan Hari Otonomi Daerah XXIII mengusung tema "Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif".

Bupati membacakan amanat dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, SH. Dalam amanatnya, Mendagri Tjahjo Kumolo  berharap dengan semangat Hari Otonomi Derah dapat merefleksikan kembali makna otonomi daerah dan menjadi spirit untuk melakukan yang terbaik bagi negeri ini.

"bahwa Penetapan tanggal 25 April sebagai Hari Otonomi Daerah merupakan tonggak sejarah bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya dalam administrasi pemerintahan di Indonesia. Hari otonomi daerah merupakan momentum untuk mengevaluasi kebijakan kinerja pelaksanaan otonomi daerah pada masing-masing daerah otonomi. Setiap Pemerintah Daerah harus senantiasa meningkatkan kinerja sesuai apa yang telah dicapai, seraya mengatasi setiap hambatan yang terjadi dipemerintahan otonomi daerahnya masing-masing," jelasnya.

Lebih lanjut Mendagri menegaskan tiga hal peting yakni Pertama, "Mari kita kawal otonomi daerah ini agar selalu diisi dengan kegiatan kegiatan dalam peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat. Kedua, mendorong munculnya kemandirian yang digerakkan oleh kreativitas dan inovasi daerah dalam mengoptimalkan berbagai potensi sumber daya yang ada baik sumber daya manusia dan sumber daya alam yang secara signifikan akan mendukung dan memperkokoh pembangunan nasional. Ketiga, Mari kita tingkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dengan daerah, keserasian hubungan pemerintah daerah dengan DPRD dan masyarakat, sehingga tercipta tata kelola hubungan pemerintah yang sinergis," tambahnya.

Turut hadir dalam peringatan Hari Otonomi Daerah Nasional ke XXIII tahun 2019 ini, Wakil Bupati H. Purwadi, SE, MM, Sekda Drs. Agus Santosa, Jajaran Forkopimda serta para pejabat Pemerintah Kabupaten Sukoharjo.(Tj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar